Jumat, 19 Oktober 2012

Cara Mengatasi Global Warming


Cara Mengatasi Global Warming

          Global Warming, atau Pemanasan Global, adalah fenomena di mana suhu bumi secara bertahap memanas hingga mencapai titik yang mengganggu keseimbangan global.  Penyebab utama dari Global Warming adalah Meningkatnya Karbon dioksida yang dihasilkan antara lain oleh  mesin pabrik dan kendaraan bermotor.  Sedangkan hutan dan pohon-pohon yang dapat menyerap karbon dioksida terus berkurang oleh penebangan hutan.
Global Warming menyebabkan pergeseran cuaca.  Hal ini mengubah pola cuaca di seluruh dunia, menyebabkan kekeringan di beberapa daerah sedangkan banjir pada tempat yang lain.  Global warming  menyebabkan es di kutub mencair lebih cepat. Hal ini bisa membanjiri garis pantai dunia dan menurunkan salinitas lautan. Hal Ini bisa mengganggu arus laut yang mengatur suhu di seluruh dunia, yang menyebabkan perubahan drastis pada iklim setempat.
Tentunya kita tidak ingin masalah ini bertambah parah.  Setiap orang dapat membantu mengurangi pemanasan global. Perubahan terkecil yang Anda buat dalam hidup Anda dapat membantu secara signifikan dalam mencari solusi untuk masalah serius ini. Berikut beberapa hal yang dapat di lakukan untuk mencegah dan mengurangi efek Global Warming:
1.  Kurangi Konsumsi energi
Karbon dioksida banyak dihasilkan dari jutaan rumah di seluruh dunia. Dengan demikian, mengurangi konsumsi energi pribadi dapat mengurangi emisi karbon dioksida. Mematikan lampu jika tidak digunakan, pembelian peralatan dan bola lampu yang hemat energy adalah cara-cara sederhana untuk mengurangi konsumsi energi. Matikan peralatan Elektronik jika tidak digunakan seperti: Televisi, dan lain-lain.
2.  Gunakan Energi Alternatif
Menggunakan sumber energi alternatif adalah cara lain untuk mengurangi jumlah karbon dioksida di udara. Tenaga surya dan tenaga air serta nuklir, angin dan energi panas bumi memang  mahal pada awalnya tetapi dapat hemat dalam jangka panjang karena lebih efisien.  Juga bentuknya jauh lebih bersih.
3.  Penanaman Pohon
Penanaman pohon adalah cara yang baik untuk mengurangi emisi karbon dioksida. Pohon menyerap karbon dioksida dari atmosfer serta menghasilkan lingkungan yang kaya oksigen.  Makan makanan vegetarian juga akan membantu mengurangi pemanasan global.
4.  Peningkatan Penggunaan Transportasi Umum
Sebagian besar emisi CO2 berasal dari pembakaran bahan bakar minyak. Hal ini berlaku di seluruh dunia  di mana mobil merupakan sumber utama transportasi bagi sebagian besar bangsa. Dengan membangun lebih baik sistem transportasi umum dan penggunaanya, dan mengurangi penggunaan kendaraan pribadi, kita dapat sangat mengurangi emisi gas.
 5.Lakukan3R (Reduce,Reuse,Recycle) di Rumah

Salah satu solusi terbesar untuk menghentikan pemanasan global adalah perubahan cara kita berpikir. Dengan mengurangi (Reduce) penggunaan energi kita di rumah, di jalan, dan di tempat kerja kita dapat mengurangi jumlah bahan bakar dan sumber daya alam dikonsumsi setiap tahun
Dengan daur ulang (Recycle), kita dapat mengurangi dampak ke tempat pembuangan sampah dan menurunkan konsumsi energi dan limbah. Dengan mengambil langkah-langkah sederhana setiap hari Anda dapat sangat mengurangi jejak global Anda. Misalnya, matikan AC ketika Anda meninggalkan rumah untuk hari itu. Beli produk lokal, dan mengurangi bahan bakar yang digunakan membuat makanan. Juga, pastikan untuk bergabung dengan program daur ulang lokal Anda, dan mendaur ulang semua, kaca produk plastik, aluminium, dan kertas.

1 komentar:

  1. Artikel yang lengkap dan menarik, mari tahan laju global warming dengan menanam pohon. Sekarang semakin menarik karena ada program revolusioner, "MENANAM POHON AMANKAN BUMI SEKALIGUS MENDAPATKAN MANFAAT EKONOMOMI DALAM PENANAMAN DAN KAMPANYENYA"


    Cari Tahu caranya di : http://www.greenwarriorindonesia.com
    http://goo.gl/J3xVtY

    BalasHapus